Thursday, 13 December 2012

Exodus 16: The Quail and the Mannah (Bahasa Indonesia Version)

Exodus (Keluaran) Pasal 16


1 Setelah mereka berangkat dari Elim, tibalah segenap anak-anak Jacob di padang gurun Sin yang terletak antara Elim dan Sinai, pada hari ke lima belas bulan yang kedua setelah keluar dari negeri Mesir.

 
Ayat 1 100% bukanlah teks yang original dan telah diberi tambahan oleh redactor yang disesuaikan dengan tempat-tempat persinggahan yang ada dalam kitab Bilangan. {Stations list – Numbers}. 


Semua teks ORANYE ditambahkan BANYAK kemudian, bererapa saat setelah 500BC oleh redaktur para Imam diyakini dalam tradisi yehudi telah menjadi Imam Lewi Ezra. Ini bukan untuk mengatakan bahwa semua teks para Imam adalah palsu. Namun, kebanyakan terus menegakkan agenda mereka. Serperti anda juga akan melihat, bahwa teks-teks mereka tidak benar-benar diperlukan untuk menceritakan seleruh cerita. Mereka membuat sebagain besar penilaian yang berlebihan dan meniggalkan sebagian besar pembaca bahasa Ingriss dengan lebih banyak pertanyaan daripada jawaban. 


Teks-teks BIRU berasal dari gulungan sumber Utama, yang dimiliki oleh Penyusun. Ini telah terbit menjadi sekitar 1250BC, dan tentu saja yang menempatkan mereka sangat dekat dengan Moshe yang benar-benar menulis kata-kata tersabut.    

 
2 dan segenap anak-anak Jacob bersungut-sungut melawan Musa dan Harun di padang gurun


3 segenap anak- anak Jacob berkata kepad mereka, adalah lebih baik jika The Eternal membunuh kita di negeri Mesir, ketika kita duduk memasak daging dan makan roti sampai kenyang, Engkau membawa kami ke padang gurun untuk membunuh seluruh kumpulan ini dengan kelaparan.

 
4 Berfirmanlah The ETERNALkepada Musa, Lihat, Aku akan menurunkan dari langit, hujan roti bagimu dan mereka akan keluar untuk mengumpulkan tiap-tiap hari sebanyak yang diperlukan, dan Aku akan menguji mereka, apakah mereka akan tetap hidup berjalan di dalam TorahKu atau tidak.

 
5 dan pada hari yang ke 6, ketika mereka membawa pulang apa yang telah mereka kumpulkan, maka itu akan menjadi dua kali lipat dari yang telah dikumpulkan. 


6 Berkatalah Musa dan Harun kepada anak-anak Jacob. Pada petang, engkau akan mengetahui bahwa the ETERNAL, Dial ah yang membawa kamu keluar dari negeri Mesir  


7 dan pada pagi hari engkau akan melihat kemuliaan the ETERNAL;karena DIA mendengarkan sungut-sungutmu melawan DIA. Siapakah kami sehingga kamu bersungut-sungut melawan kami ?


8 dan berkatalah Musa, The ETERNAL akan memebrikan kamu daging pada waktu petang dan roti pada waktu pagi, karena the ETERNAL mendengar sungut-syngutmu melawan DIA.sebab sungut-sungutmu bukanlah kepada kami tetapi kepada DIA. Sekarang and adapt melihat konteks yang baru dalam ayat 6-8, yang tiba-tiba muncul di sini? - Sekarang, apakah anda harus menjadi seorang sarjana untuk melihat bagamana konteks baru ayat 6-8 yang tiba-tiba muncil di sini?

Pertama, AHEYEH akan sama sekali tidak memberikan daging siapa pun untuk makan setiap saat. Dia tidak akan melawan perintah mutlak Nya perjanjian Kekal. Namun, jika Anda mencoba untuk menginstal bukti bahwa Ia mengijinkan hal seperti itu, maka ya, ini adalah apa yang mungkin Anda lakukan. Sekarang, untuk bagian yang lucu, MENGAPA tepatnya mereka bergumam untuk DAGING? Is it just me, atau kita diberitahu sebelumnya dalam Keluaran 12, hanya beberapa minggu sebelum akun ini, bahwa mereka HANCUR Mesir dan kiri dengan puluhan ribu ekor sapi semua jenis? Bukankah itu khusus Firaun yang mengatakan kepada Moshe untuk keluar dan mengambil ternak dengan Anda? Sebenarnya, pertanyaan Anda semua harus bertanya adalah, BAGAIMANA tidak Moshe bahkan mendengar gencarnya mereka mengeluh atas teriakan SEMUA bahwa ternak? Jika tidak ada yang lain, semua ini bergumam tentang daging harus benar-benar membuktikan satu hal utama untuk anda semua - BAHWA DIA JUGA melarang mereka untuk MEMBUNUH ATAU MAKAN HEWAN, BESERTA PRODUK beragi HANYA SEBELUM MEREKA MENINGGALKAN MESIR! Anda tidak menggerutu untuk daging sapi, domba atau burung ketika itu semua berdiri di sana di samping Anda, KECUALI seseorang sudah bilang itu adalah buah  terlarang!

 
9 dan Musa berbicara kepada Harun , katakanlah kepada seluruh kumpulan anak-anak Jacob. Marilah datang mendekat kepada the ETERNAL:karena DIA telah mendengar sungut-sungutmu.. 

10 Sedang Harun berbicara kepada segenap kumpulan anak-anak Jacob itu, mereka memalingkan mukanya ke padang gurun dan terlihatlah kemuliaan The Eternal dalam awan.  


Ada sesuatu yang ingin ditunjukkan di sini, yang sam sekali tidak ada hubungannya. Anda akan melihat bagaimana teks-teks para imam terus berusaha memberi pamor kepada Harun di seluruh tulisan mereka agar kedudukan Harun menjadi sejajar dengan Musa. Hal ini tidak akan pernah terjadi, karena hanya Musa sendirilah yang mendapat otoritas atas anak-anak Jacob. Teks – teks ini bagaikan menggarami seluruh teks dengan tujuan untuk memberi ruang  keimamam Lewi yang palsu. Melalui tulisan para nabi kita dapat melihat bagaimana bertolak belakang ucapan berkat Jacob bagi suku Lewi ( imam-imam) dan suku Simeon.

 
11 dan berbicaralah  the ETERNAL kepada Musa, 12 Aku telah mendengar sungut-sungut mereka , katakanlah kepada anak-anak Jacob, pada waktu petang engkau akan makan daging dan pada waktu pagi engkau akan dikenyangkan dengan roti, dan engkau akan mengetahui bahwa Akulah The Eternal, Tuhanmu. 


13 Ketika petang datanglah berduyun-duyun burung puyuh memenuhi perkemahan, dan pada waktu pagi turunlah embun roti sekeliling perkemahan mereka. 


Baiklah kita tahan sebentar, karena saya tahu bahwa setiap orang akan langsung mengacu pada kitab bilangan. Nah sebagian besar dari anda telah mengetahui bahwa saya tidak mempercayai tulisan dalam kitab Bilangan, sekalipun dikatakan mendekati Torah. Karena cerita/tulisan yang ada di dalamnya merupakan hasil penulisan ulang yang jauh dari awal penulisan Torah dalam kitab Keluaran, seperti yang kita lihat di sini.

 
Num 11:31-34 “Kemudian the Eternal mengirimkan angin, yang membawa burung burung kecil dari sebelah arah laut, dan burung-burung itu berjatuhan di atas perkemahan dan di seluruh area perkemahan sampai sejauh satu hari perjalanan, dan tingginya mencapai 2 hasta dari atas tanah. 32 dan pada hari itu bahkan sepanjang malam sampai keesokan harinya mereka mengunpulkan burung-burung itu, setiap orang mengumpulkan paling sedikit 10 omer (lagi lagi ada ukuran), dan mereka membentangkannya di sekeliling tenda mereka. 33 Semnetara daging masih berada diantara gigi mereka bangkitlah murka the Eternal melawan mereka dan DIA mengirmkan penyakit yang membinasakan mereka. 34 Itu sebabnya tempat itu dinamakan Kibroth-hattaavah; karena disana mereka menguburkan orang-orang yang bernafsu rakus/ selalu ingin (who had given way to their desires). 


Tidak seperti pengajaran tradisional yang mengatakan bahwa ketika daging itu menyentuh bibir mereka, matilah mereka di tempat itu juga. Penulisan Ibrani tidak mendukung begitu juga dengan terjemahan dalam bahasa Inggris. Sehingga apa yang kita lihat sebagai orang luar adalah bahwa semua hal yang baik atau buruk adalah kesalahan The Eternal One, seperti yang tertulis dalam teks sejarah. Kita percaya bahwa bahwa ada satu titik pada masa itu ketika anak-anak Jacob makan beberapa burung yang memang berpenyakit serius.dan hal ini menyebabkan banyak kematian. Jadi para penulis membawa kisah Keluaran 16 menjadi sesuatu yang besar atau mungkin kisah ini dimaksudkan untuk menjadi sandaran penulisan dalam kitab bilangan. Sekalipun kisah ini merupakan Bad Story , tetapi kisah yang bersumber dari gulungan-gulungan tulisan para tua-tua. “dan mereka makan manna sampai mereka tiba di perbatasan tanah Kanaan”. dan ini artinya –DIA HANYA menyediakan mannah bagi mereka sampai mereka tiba diperbatasan tanah Kanaan !.

 
14 dan ketika embun itu lenyap dari atas padang gurung itu tampaklah  sesuatu yang bundar seperti embun beku di atas tanah.

 
15 dan ketika anak-anak Jacob melihat, mereka berkata seorang kepada yang lain. Inilah manna karena mereka tidak mengetahuinya. Musa berkata kepada mereka inilah roti yang diberikan The Eternal kepadamu untuk dimakan.. Jadi mereka tahu bahwa roti itu disebut mannah, tetapi kemudian tidak mengetahui bahwa itu adalah mannah.  


16 Hal inilah yang diperintahkan oleh The Eternal, setiap orang mengumpulkan satu omer  setiap orang,untuk dimakan sesuai dengan jumlah orrang di dalam kemahmu. 


17dan anak-anak Jacob melakukan seperti yang diperintahkan, ada yang mengumpulkan banyak, ada yang megumpulkan sedikit.

 
18 dan ketika mereka menakarnya semuanya satu omer, mereka yang mengumpulkan banyak tidak berkelebihan dan mereka yang mengumpulkan banyak tidak berkekurangan., apa yang dikumpulkan setiap orang adalah sesuai dengan kebutuhan makannya.. 


19 dan berkatalah Musa , jangan seorangpun meninggalkannya sampai pagi..  


20 Tetapi mereka tidak mendengarkan Musa, beberapa orang meninggalkan sampi pagi dan manna itu menjadi berulat dan berbau busuk dan marahlah Musa kepada mereka. 


21 dan mereka mengumpulkan manna setiap pagi sesuai dengan kebutuhan makannya dan ketika matahari panas, melelehlah manna itu.- hal ini adalah pengulangan tetapi dari sumber gulungan-gulungan yang lebih kuno.

 
22 dan pada hari yang ke enam, mereka mengumpulkan roti dua kali lebih banyak, dua ome setiap orang, dan datanglah semua pemimpin jemaah memberitahukan hal ini kepada Musa. -- WAIT! Mengapa para tua-tua datang memberitahukan kepada Musa tentang apa yang terjadi di sini. Sesuai konteksnya dalam ayat 22 , bukankah mereka harus mengumpulkan dua kali lebih banyak pada hari ke enam bukan ? Sebelum teks ini kita tidak menemukan instruksi sehubungan dengan pengumpulan lebih pada hari ke 6 untuk mengcover hari Sabbath ! jadi apa yang terlewatkan oleh para imam di sini ? 


Ok, hal ini sangat menarik dan hanya dalam teks para imam, mereka menuliskan bagian ini sebagai cara untuk menggambarkan PENGGANDAAN MANNA oleh tangan manusia. Penggambaran ini sangat pandai dan total mengabaikan tulisan teks para tua-tua, yang menggambarkan PENGGANDAAN yang dilakukan oleh The Eternal sendiri dan PEMELIHARAANNYA .


23 dan dia berkata kepada mereka inilah yang diFirmankan The Eternal, besok adalah hari istrirahat, hari Sabbath suci bagi The Eternal, bakarlah apa yang dibakar hari ini dan apa yang perlu dimasak, masaklah, dan selebihnya biarkanlah sampai besok pagi. WHAT?  


24 dan mereka membiarkannya smpai pagi, seperti yang diperintahkan Musa , dan manna itu tidak berbau dan tidak ada ulat di dalamnya.. – Kini kita dapat mendebat semua keajaibaNYA  tentang perpanjangan waktu manna bagi kelangsungan hidup pada hari Sabbath, yang berarti keajaiban dariNYA tidak berarti dan dengan mudah diabaikan oleh manusia, dengan mengaggap hal itu tidak lebih dari keberuntungan atau tahayul.

 
25 dan Musa berkata Makanlah itu hari ini, karena hari ini adalah Sabbath bagi The Eternal.hari ini kamu tidak akan menemukannya di padang.

 
26 Enam hari lamanya engkau akan mengumpulkan, tetapi pada hari ke tujuh adalah Sabbath, dan roti itu tidak aka nada. Jadi tidak ada keajaiban pemeliharaan! Hanya perpanjangan masa hidup.

 
27 Kemudian beberapa orang keluar untuk mengumpulkan pada hari ke tujuh, dan mereka tidak menemukan apapun. 28 BerFirmanlah  the ETERNAL kepada Musa , sampai berapa lama kamu menolak untuk memelihara instruksi-instruksi KU, TORAHKU ?

 
29 Lihat ,The  ETERNAL telah memberikan kamu Sabbath, dimana DIA akan menyediakan bagimu pada hari ke enam, roti untuk dua hari ! tinggallah kamu setipa orang di kediamannya, jangan seorangpun keluar dari kediamannya pada hari ke tujuh. 30 Jadi mereka tinggal di dalam kediaman mereka masing-masing pada hari ke tujuh.


Disinilah kita lihat keajaiban pemeliharaanNYA yang dengan cerdik di potong oleh para imam . Secara pribadi saya meyakini keajaiban dari pemeliharaanNYA dan tidak seorangpun dapat membantahnya. Memiliki piring kosong pada makan malam di hari Jumat, kemudian menjadi penuh saat anda tertidur? Bukankah ini yang namanya pemeliharaan, seperti cerita tentang pemeliharaanNYA lewat minyakbagi seorang wanita ? Bagi ku dan seisi rumahKU kami akan mengikuti AHEYEH ...lol 


31  dan seisi rumah Jacob menyebutnya manna, bentuknya seperti buji ketumbar, warnanya putih dan rasanya seperti kue madu.


32 dan berkatalah Musa hal inilah yang diperintahkan The Eternal, simpanlah satu omer bagi generasi-generasimu supaya mereka dapat melihat roti yang KUberikan kepadamu di padang gurun, ketika Aku membawa kamu keluar dari tanah Mesir.

 
33 dan berkatalah Musa kepada Harun, ambilah sebuah buli-buli dan taruhlah satu omer manna di dalamnya dan letakkanlah di depan The Eternal untuk disimpan turun temurun.

 
34 seperti yang diperintahkan The Eternal kepada Musa , demikianlah Harun menempatkan itu di hadapan tabut kesaksian (.before the Testimony),

 
35 dan anak-anak Jacob makan manna selama 40 tahun, sampai mereka tiba di tanah yang didiami orang dan mereka makan manna sampai mereka tiba di perbatasan tanah Kanaan. 


36  Satu omer adalah sepersepuluh dari satu efa. 


Kini sampai pada akhir pembahasan ini ada yang menjadi peringatan bagi anda akan manipulasi para imam.

 
Apa yang kita peroleh di sini ? Kini kita dapat mengidentifikasi suatu fakta yang absolute bahwa anak-anak Jacob absolute tidak makan binatang;dan anda pasti bertanya mengapa ? 
 


Sekarang tentu saja kita telah memiliki pengertian yang terang bahwa mereka harus memelihara hewan mereka untuk menjadikan hewan-hewan tersebut sebagai korban persembahan seperti yang diajarkan, sehingga mereka tidak dapat memakan hewan-hewan tersebut..LOL Yeah, baiklah jika anda mati dan menjadi bangkai, apakah hewan-hewan itu akan membunh diri mereka sendiri untuk menjadi korban persembahan ? Apakah anda dapat melihat tentang semua hal ini? Tahukah anda betapa pentingnya untuk MENGENAL karakternya yang dengan jelas digambarkan sebagai kepakatanNYA yang pertama,” kesepakatan kekal”  Seperti yang DIA katakana lewat nabi Yesaya bahwa manusia telah melanggar kesepakatan kekal dan bumi tidak mengenal dia. Jadi tanpa mengenal dia, tidak seorangpun dapat mengidentifikasi tradisi-tradisi palsu ini.

 
Bab ini menunjukkan kepada anda dengan sangat jelas ada begitu banyak perbedaan di dalam semua teks Torah.  Menurut saya setiap orang memiliki akses untuk dan menggabungkan teks – teks para tua –tua sebagai seorang yang memandang teks-teks ini sebagai kebenaran absolute dari Torah yang original. Melawan mereka yang mencari dengan memakai sumber mereka sendiri dan kemudian memaksakan untuk dimasukkan sebagai bagian dari keseluruhan Torah, yang mana teks Torah yang asli dan absolute hanya diperoleh dari teks para tua-tua dan HANYA digunakan sebagai referensi bagi teks-teks yang kemudian, karena degradasi dari gulungan-gulungan teks tersebut. Seperti yang kita lihat dalam satu bab yang pendek ini. 


Kini kita kembali melihat seluruh Bab dari awal dengan melihat teks yang berwarna BIRU saya! Anda dapat melihat bahwa seluruh teks Torah yang original tidak memerlukan tambahan teks dari redactor ataupun dari teks para imam. Saya harap pembahasan ini dapat menolong.



No comments:

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.